SAAT ANAK MULAI TOILET TRAINING

SAAT ANAK MULAI TOILET TRAINING

Apa kabar bunda…Kali ini kita sama-sama akan membahas mengenai si buah hati yang sudah siap atau belum ya untuk melakukan toilet training, gimana dengan buah hati bunda apakah sudah siap untuk melakukan toilet training? yok, kita kupas bersama-sama…. Memang tidak salah lho bunda, bagi sebahagian orang tua mengajarkan anak untuk melakukan kebersihan diri dalam hal buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) pada tempatnya bisa menimbulkan stress, kenapa tidak, terkadang si buah hati menolak untuk melakukannya, dan reaksi penolakan yang diberikan si buah hati membuat orang tua menyerah sebelum tujuannya tercapai.

Sebenarnya kapan saat yang tepat untuk melakukan toilet training pada si buah hati ya? Saat si buah hati memasuki usia 2 tahun, ia sudah bisa diajarkan untuk buang air sendiri lho bunda. Jika latihan untuk BAB atau BAK ini dilakukan saat si buah hati berumur kurang dari 1 tahun, bukan tidak mungkin si buah hati akan menjadi frustrasi. Karena pada saat usia itu, ia belum bisa mengontrol keinginan BAB dan BAK. Rata-rata kemampuan anak untuk melakukan kontrol terhadap diri sendiri akan muncul saat anak berusia 2,5 tahun. Salah satu hal yang bisa membuktikan bahwa si buah hati sudah siap untuk melakukan toilet training adalah si buah hati akan mulai meminta untuk BAB atau BAK.

Mengajarkan toilet training tentu saja ini dibutuhkan proses untuk melatihnya terbiasa. Kuncinya bunda harus sabar jangan menyerah ketika si buah hati menolak ataupun sengaja berlama-lama melakukannya. Sebagai orang tua, bunda harus benar-benar punya banyak waktu untuk melakukan toilet training ini, sebab latihan ini tidak bisa dilakukan sekali atau dua kali tapi harus benar benar rutin sesuai dengan kapan keinginan si buah hati untuk buang air. si buah hati bisa saja mengatakan tidak mau, ataupun ngambek bahkan menangis karena menolak untuk pergi ke toilet.

Bunda yang penuh perhatian, jangan sekali-kali memarahi ataupun membentak si buah hati, karena akan menyebabkan ia trauma dan muncul rasa takut yang berlebihan. Kalau ternyata hari ini tidak berhasil, cobalah lagi esok harinya dan esok harinya lagi.

Akan lebih baik bunda bisa membuat toilet menjadi tempat yang menyenangkan bagi si buah hati, yah…dengan cara melengkapi kamar mandi alias toilet dengan mainan yang dia sukai, karena itu dengan suasana yang menyenangkan akan mempermudah si buah hati untuk menyukai latihan toilet training ini lho bunda…

Dalam melakukan toilet training ini penting sekali untuk memperhatikan kesiapan dari kedua belah pihak, yaitu pihak orang tua dan juga pihak anak. Namun proses untuk mengajari si buah hati toilet training jangan sampai terlambat dilakukan saat umur si buah hati sudah memasuki 2 sampai 3 tahun si buah hati sudah harus dikenalkan ke kamar mandi alias toilet, apakah itu untuk BAK ataupun untuk BAB. Khawatirnya nih bunda bila si buah hati sudah lewat dari usia tiga tahun, apalagi ketika akan memasuki masa sekolah, namun belum diajarkan untuk melakukan toilet training, itu akan berpengaruh terhadap perkembangan sosial si buah hati nantinya.

Manfaat toilet training sangat berkaitan dengan kemandirian si buah hati. Pada saat usia si buah hati dua hingga tiga tahun, umumnya anak lebih siap untuk melakukan latihan toilet training. Asalkan si buah hati dilatih secara teratur, pasti deh si buah hati bunda makin terbiasa. Dan pada saat itu bunda sudah bisa mulai melepaskan ketergantungan akan popok. Kecuali mungkin ketika bunda bepergian atau menghadiri suatu acara. Itu tidaklah menjadi suatu permasalahan ketika si buah hati menggunakan popok. Tetapi, kalau si buah hati ternyata sudah sangat siap dan di tempat acara yang bunda hadiri ternya terdapat toilet yang bisa membuat nyaman, tidak perlu memakai popok. Ketika anak berkata ingin BAK atau BAB, bunda bisa langsung segera mengantar ke toilet.

Jika kegiatan toilet training ini bisa dilakukan secara konsisten dan bertahap oleh si buah hati, pada saat usia sekolah (sekitar usia lima atau enam tahun) si buah hati sudah bisa bunda ajari bagaimana membersihkan tubuh sendiri setelah melakukan BAK atau BAB.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "SAAT ANAK MULAI TOILET TRAINING"

Back To Top