Manfaat membaca bagi anak

Manfaat membaca bagi anak

Buku adalah jendela dunia, kata-kata itu rasanya tidak asing kita dengarkan di gendang telinga kita, dari orang tua sampai guru pernah mengucapkan kata-kata itu, apa sih maknanya? Wah…ternyata maknanya cukup dalam ya bunda, karena dengan membaca kita akan bisa “menaklukan” dunia.
Bunda…untuk menumbuhkan minat baca pada anak, tidaklah seperti kita membalikkan telapak tangan, artinya disini, ketika bunda ingin dia gemar membaca bunda hanya tinggal mengatakan atau menyuruh si buah hati untuk membaca, tidak bunda…tidak semudah itu. Gemar membaca pada anak sudah mulai harus dibiasakan dari dia masih bayi, maksudnya ketika dia masih bayi bunda sudah mulai membacakan buku cerita untuknya…dan hal itu terus bunda  lanjutkan sampai si buah hati bisa membaca sendiri tanpa perlu bantuan bunda lagi, baru deh gemar membaca akan tumbuh pada dirinya. Karena cinta akan membaca memang harus ditumbuhkan sedini mungkin.
Bunda ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa membaca memiliki efek positif bagi anak. Salah satunya,  penelitian yang dilakukan terhadap bayi yang berumur delapan bulan, dimana dalam penelitian tersebut dua kelompok bayi yang berumur delapan bulan, dimana satu kelompok dalam penelitian tersebut dibacakan buku, sedangkan satu kelompok lagi tidak…ternyata penelitian tersebut menunjukkan bahwa  mereka yang dibacakan buku “menerima” kosakata (jumlah kata mereka mengerti) meningkat empat puluh persen sejak masa bayi, sedangkan kelompok non-membaca hanya meningkat  enam belas persen.
Memang, membaca untuk anak-anak  adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membangun koneksi “bahasa”  dalam saraf otak pada saat mereka sedang tumbuh.
Banyak manfaat yang bisa bunda dapatkan, bila bunda membaca dengan si buah hati, diantaranya:
  1. Membaca yang bunda lakukan untuk si buah hati, akan memberikan reaksi keintiman dan perasaan kenyamanan antara bunda dan dia. Perasaan  keintiman tidak hanya akan membuat si buah hati merasa dekat dengan bunda, perasaan dicintai dan mendapatkan perhatian juga membantu dia untuk tumbuh cerdas.
  2. Keintiman yang terjalin pada saat membaca untuk si buah hati adalah suatu pengalaman yang menyenangkan kepadanya bahwa ia akan memiliki sikap positif terhadap membaca.
  3. Dapat menenangkan si buah hati, terutama ketika ia pelupa dan gelisah
  4. Meningkatkan komunikasi  antara Bunda dan si buah hati
  5. Anak-anak prasekolah yang sudah sering terpapar bahasa dengan mendengar kata-kata yang dibaca kepadanya, ketika  ia sudah masuk sekolah, ketika dalam percakapan cenderung untuk melakukannya dengan baik di sekolah.
  6. Beberapa penelitian membuktikan bahwa murid-murid yang rajin belajar dan bertingkah laku baik sekolah adalah anak-anak yang dari kecil sudah terpapar dengan bacaan.
  7. Buku mengajarkan keterampilan  berpikir dini bagi si anak. Ketika bunda membaca untuknya, ia belajar untuk memahami apa penyebab dan apa akibanyat, ia belajar untuk latihan menggunakan logika, serta berpikir secara abstrak. Ia belajar konsekuensi dari tindakan, dan dasar-dasar apa yang berkaitan dengan benar dan salah.
  8. Anak akan  belajar lebih awal,  bahwa membaca adalah suatu  kegiatan yang menyenangkan dan bukanlah merupakan sebuah bagian dari tugas yang menjengkelkan. Ketika si anak sudah mulai tumbuh besar, bunda sudah tidak akan stres dengan bersusah payah untuk menyuruhnya membaca setiap hari, karena membaca seperti telah menjadi bagian kegiatan yang mengasyikkan bagi anak.
Bunda, di bawah ini ada beberapa tips tentang bagaimana menumbuhkan anak menjadi pembaca:
  • Jadikanlah anak bunda peserta aktif saat membaca
  • bunda,  Sejak si anak mulai suka meniru perilaku bunda, biarkan dia melihat bunda membaca buku-buku. Biarkan dia tahu bahwa membaca adalah bagian dari kehidupan!
  • Biarkan si anak merasa bahwa membaca buku bagi dia adalah pengalaman yang menyenangkan dan bukan aktivitas yang akan menimbulkan stres karena bunda memaksakan dia untuk membaca.
  • Kadang-kadang, si anak  suka buku tertentu dan ingin membacanya berulang-ulang. Hal ini jangan dicegah,, karena terkadang dengan membaca buku itu berulang kali, si anak menemukan bahwa membaca buku ini menyenangkan. Dengan membaca buku itu berulang maka si anak akan  mendapatkan hasil maksimal dari buku yang ia baca dan memberikan Anda petunjuk tentang minatnya!
  • Bunda juga dapat menggunakan membaca sebagai cara untuk menghilangkan ketakutan si anak atau mempersiapkan dirinya untuk perubahan dalam hidupnya. Misalnya, bunda dapat memilih buku-buku tentang menggunakan toilet, pergi ke sekolah, atau pindah ke rumah baru ketika ia akan memiliki pengalaman-pengalaman baru.
  • Ajarkan juga si anak  untuk menghargai buku dan memperlakukan buku dengan baik dengan cara menjaga buku dalam keadaan bersih dan tidak sobek
  • Biasakan membawa buku untuk dibaca si anak pada perjalanan panjang dan tempat-tempat di mana dia harus menunggu seperti saat berobat ke dokter.
  • Pilihlah buku yang membuat si anak sangat tertarik, dan sesuai untuk anak seusianya. anak-anak sangat suka gambar yang banyak warna-warni serta gambar orang.
  • Membaca untuk si anak dengan berbagai usia menyajikan peluang dan tantangan baru bagi bunda. Aturlah jadwal agar bunda dapat membaca untuknya pada waktu yang sama setiap hari, atau setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Pilih waktu ketika bunda dan si anak berdua lagi santai dan tidak terburu-buru.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Manfaat membaca bagi anak"

Back To Top