Bila Bayi Susah Makan

BILA BAYI SUSAH MAKAN

Waduh…pusing deh …si buah hati susah makan, pasti bunda akan khawatir bila mengalami hal yang seperti ini ya bunda, setiap diberikan makanan si bayi sering menolak, kalaupun ia mau, itupun hanya beberapa suapan kecil saja….so sad deh.

Tapi bunda bila hal ini terjadi pada bunda, jangan sampai bunda panik. Bunda harus cepat mencari tau apa penyebab si buah hati susah makan,karena bagaimanapun juga si buah hati harus tetap terpenuhi kebutuhan zat gizinya.

Waktunya makan!!, tentu bunda berharap ini adalah saat yang sangat spesial antara bunda dan si buah hati, tapi apabila waktu ini dianggap perang oleh si buah hati….waduh bagaimana jadinya ya???

Ketika bayi menolak makanan biasanya ia akan melakukan dengan menyemburkan makanan keluar dari mulutnya, ataupun mendorong makanan itu keluar dengan lidahnya, selain itu si buah hati juga menolak makanan yang diberikan dengan cara mengemutnya ataupun menutup mulutnya rapat-rapat, banyak cara yang bisa ia tunjukkan ketika ia menolak untuk makan. Kondisi ini memang wajar lho bunda dilakukan oleh si buah hati, tapi kondisi ini sangat relatif, artinya tidak semua bayi mengalami hal ini. Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan terjadinya si buah hati atau anak susah makan. Bisa jadi si buah hati lagi tumbuh gigi, sedang mengalami batuk atau pilek, ataupun si buah hati lagi memasuki fase perkembangan dimana rasa ingin taunya yang besar dengan dunia luar membuat si buah hati pinginnya diberi makan diluar rumah bukan di dalam rumah. Ataupun memang dia kurang selera makan pada saat itu…

Nah di bawah ini akan saya sertakan beberapa tips untuk bunda yang buah hatinya susah makan…apa saja ya?

Menetapkan Jadwal makan bagi si buah hati

Menetapkan jadwal makan bagi si buah hati dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian bunda, apalagi bunda adalah orang yang paling dekat nih dengan si buah hati, dan biasanya yang menyuapi bayinya pasti si bunda. Jangan memberikan makan kepada si buah hati Jika belum memasuki saat untuk makan seperti yang sudah bunda jadwalkan. Ingat lho bunda jadwal yang sudah bunda buat harus benar-benar bunda jalankan setiap hari, untuk mengenalkan,mengingatkan, dan membiasakan si buah hati terhadap waktu makannya. Sehingga dengan cara ini si buah hati tidak akan rewel sewaktu disodorkan makanan ke mulut mungilnya yang menggemaskan itu. Bahkan bunda, yakinlah bahwa si buah hati akan merasa lapar dan menagih makanannya dengan tangisan ketika waktu makan tiba, sedangkan bunda belum menyuapinya….

Cari tau makanan favorit si buah hati

Bunda… bukan bunda saja lho yang punya makanan favorit. ternyata si buah hati juga punya, dan bunda bisa mengetahuinya dari respon si buah hati ketika ia diberikan makanan tersebut. Bila ternyata ia menyukai makanan itu dan menjadi menu favoritnya maka bunda dapat mengulangi untuk memberikannya lagi keesokan hari…tapi ingat lho bunda jangan mentang-mentang si bayi suka itu, bunda akan memberikan makanan itu itu saja, karena bayi akan bosan, buatkan selang seling dengan menu yang lain.

Siapa yang menyuapinya?

Pada saat makan si buah hati akan merasakan sentuhan dari orang yang memberikan makan. Oleh karena itu penting sekali yang menyuapi si buah hati adalah orang yang ia kenal, untuk menumbuhkan kenyamanan pada saat ia makan, sehingga dengan rasa nyaman yang timbul akan memudahkan si buah hati untuk menghabiskan makanannya.

Teknik menyuapi

Bunda ketika bunda menyuapinya, suaplah ia dengan lembut dan tidak kasar atau semau bunda. dan ketika bunda menyuapinya posisikan diri bunda berada di depannya jangan dibelakang atau disampingnya, ajaklah ia berkomunikasi agar saat makan adalah saat yang mengasyikkan baginya.

Apakah lingkungan tempat bunda menyuapi sudah steril

Maksud steril disini bunda, adalah bersih dari segala sesuatu yang dapat merusak konsentrasi makan si buah hati, jangan membiasakan menyuapinya didepan televisi ataupun di dekat tempat yang banyak mainannya, karena ini dapat mengubah selera makannya menjadi selera bermain.

Jangan memaksakan si buah hati menghabiskan makanannya

Bunda, jangan sampai bunda memaksakan si buah hati untuk menghabiskan makanannya ya, karena ia tau kapan yang ia sudah merasa kenyang. khawatirnya bila dipaksakan akan membuat momenmakan yang sebenarnya mengasyikkan baginya, jadi hal yang paling ia benci, dan yang paling ditakutkan lagi makanan yang sudah ia makan akan ia muntahkan kembali, karena perutnya yang sudah kekenyangan.

Perhatikan takaran suapan

Takaran suapan yang bunda berikan berpengaruh kepada respon yang diberikan oleh si buah hati. Suapan awal dengan porsi yang kecil ya bunda pada sendok makannya, akan memudahkan si buah hati dalam menerima makanan tersebut, gunakanlah sendok bayi.

Siapkan air putih

biasanya si buah hati akan ingin segera minum setelah makanannya habis, sediakanlah air putih dan berikanlah air minum sesuai dengan kebutuhannya jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit.

Nah…demikianlah sedikit ulasan diatas, semoga bermanfaat ya bunda.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Bila Bayi Susah Makan"

Back To Top